Jibril bertanya tentang islam pada nabi Muhammad saw - Cerita Sejarah Islami

Jibril bertanya tentang islam pada nabi Muhammad saw

Umar bin khatab ra. Berkata, “Ketika kami sedang duduk-duduk bersama Nabi saw. Tiba-tiba datang seorang laki-laki berpakaian putih, rambutnya hitam, bekas jalannya tidak terlihat dan tak seorangpun diantara kami mengenalnya. Ia langsung duduk dihadapan Nabi dan mendekatkan lututnya ke lutut Nabi. Meletakkan pula kedua telapak tangannya di atas paha Nabi sambil berkata, “Wahai Muhammad, terangkanlah kepadaku tentang Islam!”

Rasulullah saw. Menerangkan, “Islam adalah hendaknya kamu bersaksi bahwa Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, melakukan puasa di bulan Ramadhan dan melakukan ibadah haji ke Baitullah jika memenuhi syaratnya.”

Ia menimpali, “Engau benar.” Kami semua heran, dia bertanya tapi langsung pula membenarkannya.

Sejurus kemudian dia berkata, “Sekarang, terangkanlah kepadaku tentang Iman!” Rasulullah berkata, “Yaitu engkau beriman kepada Allah, kepada para malaikatnya, Kitab-kitabNya, para rasullNya, dan hari Kiamat serta engkau beriman kepada baik dan jelaknya takdir.”

Lelaki itu menimpali, “Engkau benar.”
Katanya lagi, “Selanjutnya terangkanlah kepadaku tentang ihsan!”
Maka Nabi saw. Menerangkan, “Ihsan itu sebaiknya engaku beribadah kepada Allah seakan-akan Dia melihatNya. Ketahuilah bahwa dia selalu melihatmu.”

Orang itu kembali bertanya, “Beritahukanlah kepadaku tentang terjadinya hari Kiamat?” Jawab Nabi, “Tidakkah orang yang bertanya lebih mengetahui daripada yang ditanya?” Orang itu berkata lagi, “Kalau begitu beritahukanlah tanda-tanda terjadinya hari Kianat!”

Rasulullah menerangkan, “"Jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta penggembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi.” Kemudian orang itu berlalu.
Kami semua terdiam beberapa saat.

Lalu Rasulullah saw. Bertanya, “Wahai Umar, tahukah kamu, siapakah yang bertanya tadi?”
Umar menjawab, “Allah dan RasullNya yang lebih tau.”

Rasulullah berkata, “Dia sebenarnya adalah Jibril. Ia datang untuk mengajari kalian tentang agama Islam.
Back To Top