Kisah Nabi Ismail dan Istrinya - Cerita Sejarah Islami

Kisah Nabi Ismail dan Istrinya

بسم الله الرحمن الرحيم

Ismail adalah putra dari nabi ibrahim as, ia merupakan anak pertama dari istri keduanya yaitu  Hajar. Ismail merupakan anak yang shaleh dan berbakti kepada kedua orang tuannya. Setelah dewasa Ismail menikah dengan seorang perempuan dari kaumnya sendiri,ia merasa bahagia dengan pilihannya.

Pada suatu hari ketika Ibrahim ayah Ismail berkunjung kerumah Ismail di Mekah, Ibrahim tidak mendapati anaknya berada dirumah ia hanya bertemu dengan menantunya yang tak mengenalinya.

"Assalamu`alaikum wr.wb" Ucap Nabi Ibrahim memberikan salam
"Wa`alaikum salam wr.wb" jawab menantunya dari dalam rumah
"Apakah ini benar rumah Ismail?"Tanya Nabi Ibrahim
"Benar ,ini adalah rumah Ismail!! ada urusan apa bapak mencarinya?"Jawab menantunya
"Saya hanya ingin bertemu dengannya,saya sudah lama tidak bertemu dengannya,bolehkah aku menunggunya?" tanya Ibrahim
"Silahkan saja,saya tidak melarang bapak menunggunya" Jawab sang menantu

Setelah lama menunggu Ismail tidak kunjung datang maka nabi Ibrahim bertanya kepada menantunya

"Nak,apakah Ismail masih lama" Tanya Ibrahim
"Saya tidak tau pak, Tadi Ismail pergi dengan terburu buru"Jawab Menantu
"Baiklah,kalau begitu saya cuma ingin mengetahui keadaan kalian"Kata nabi ibrahim
"Kami selalu berada dalam kesulitan dan kesusahan,bahkan kami tidak mempunyai seorang budak"Jawab Menantu menimpali pertanyaan Ibrahim
"Apakah kamu memilki jamuan,atau sedikit makanan dan minuman?"tanya ibrahim
"Tidak,kami tidak memiliki jamuan atau makanan dan minuman!!" Jawab Menantunya
"Kalau begitu saya putuskan untuk kembali lain kali dan tolong sampaikan kepada suamimu salamku padanya dan katakan kepadanya untuk mengganti ambang pintunya" Kata Ibrahim
"Baiklah pak nanti jika suami saya pulang akan saya sampaikan salam dan pesan bapak kepadanya"Jawab Menantunya.
"Wassalamu`alaikum wr wb" Ucap ibrahim meninggalkan rumah islmail
"Wa`alaikum salam wr wb"Jawab menantunya dan kembali kedalam rumah.

Setelah beberapa lama Ismail kembali dari urusannya.
"Assalamu`alaikum wr.wb" Ucap Ismail
"Wa`alaikum salam wr.wb,engkau sudah pulang suamiku." Jawab istrinya
"Ya urusanku baru saja selesai" ucap Ismail
"Wahai suamiku tadi ketika engkau pergi,ada seseorang tamu yang memberikan salam kepadamu dan menyuruhmu mengganti ambang pintu" Jawab istrinya
"Wa`alaikum salam wr.wb,apakah orang itu terlihat tua dan berpakaian lusuh" tanya Ismail
"Ya dia terlihat tua dan lusuh,sebenarnya siapa dia suamiku" jawab istrinya
"Ketahuilah dia adalah Ibrahim,dia ayahku dan dia menyuruhku untuk menceraikanmu,maka mulai hari ini kembalilah kamu kepada orang tuamu" Ismail menjelaskan kepada istrinya

Ismail menceraikan istrinya dan ia menikah lagi dengan seorang wanita yang cantik dan mulia akhlaknya. Selang beberapa waktu ibrahim kembali ke Mekah untuk mengunjungi Ismail namun lagi lagi ia tidak mendapati ismail ada dirumah ia hanya bertemu dengan menantu keduanya.

"Assalamu`alaikum wr.wb" Ucap Nabi Ibrahim memberikan salam
"Wa`alaikum salam wr.wb" jawab menantu keduanya dari dalam rumah
"Saya ingin bertemu dengan Ismail apakah dia ada?"Tanya Ibrahim
"Maaf pak dia sedang ada keperluan di luar dia tidak ada dirumah jika bapak berkenan silahkan bapak menunggu" Jawab menantunya dengan lemah lembut
"Baiklah saya akan menunggunya, Saya ingin mengetahui bagaimana keadaannya apakah dia baik baik saja"Tanya Ibrahim
"Alhamdulillah pak Ismail baik baik saja dan kami merasa bersyukur telah diberikan ketenangan dan ketentraman dalam mengarungi kehidupan ini." Jawab Menantu
"Syukur Alhamdulillah jika seperti itu,saya turut senang mendengarnya" Ucap Ibrahim menimpali
"Tunggu sebentar pak,saya ada sedikit makanan dan minuman mungkin bapak berkenan untuk mencobanya" kata menantunya sambil berjalan kedapur untuk mengambil sedikit makanan untuk menjamu tamunya.
"Terima kasih nak,tidak usah repot repot saya tidak akan lama saya memiliki urusan yang harus segera diselesaikan"Jawab Ibrahim
"Tidak apa apa pak,saya merasa senang jika bapak mau mencicipi makanan kami" Kata menantunya
"Baiklah saya tidak bisa menolaknya" jawab Ibrahim

Setelah menunggu lama dan Ismail tak kunjung datang maka Ibrahim memutuskan untuk kembali lain waktu.

"Nak sepertinya suamimu masih lama,mungkin lain kali aku akan datang kembali" kata 'Ibrahim
"Saya juga kurang tau pak,mungkin urusannya belum selesai sehingga ia belum kembali." Kata menantu keduanya
"Baiklah saya titip salam untuk suamimu dan sampaikan pesan saya kepadanya supaya ia mengokohkan ambang pintu" kata ibrahim
"Insya allah pak saya akan sampaikan kepada suami saya" Jawab menantu
"Jika begitu saya pamit, Wassalamu`alaikum wr wb" Nabi ibrahim pamit meninggalkan rumah Ismail
"Wa`alaikum salam wr wb" balas menantunya dan kembali masuk kedalam rumah.

Ismail kembali setelah hari sore ia terlihat sangat lelah.
"Assalamu`alaikum wr.wb" Ucap Ismail
"Wa`alaikum salam wr.wb,engkau terlihat sangat lelah suamiku" jawab istrinya
"Banyak pekerjaan yang menguras tenaga harus aku lakukan hari ini,sehingga membuatku merasa lelah." timpa Ismail
"Suamiku, tadi ketika engkau berada di luar rumah datang seorang kakek kakek dengan pakaian lusuh menanyakan keadaanmu"Ucap istrinya
"Apakah dia meninggalkan pesan untukku?" tanya Ismail
"Ya suamiku, dia menyuruhmu mengokohkan ambang pintu dan dia juga menitip salam padamu" Jawab Istrinya
""Wa`alaikum salam wr.wb, Alhamdulillah segala puji milikmu ya Allah!!  Ketahuilah wahai istriku kakek kakek itu adalah Ibrahim, dia adalah Ayahku. Ia menyuruh aku menjagamu dan tidak menceraikanmu." Ucap Ismail yang mengetahui ayahnya merasa cocok dengan pilihannya yang kedua.

Kini Ismail hidup tenang dan bahagia dengan istrinya yang kedua dan ia menjadi ibu dari anak anak ismail.
Tag : Kisah Nabi
Back To Top