Asal usul Akal dan Nafsu - Cerita Sejarah Islami

Asal usul Akal dan Nafsu

بسم الله الرحمن الرحيم

Diceritakan bahwa sebelum allah menciptakan manusia allah menciptakan akal terebih dahulu,setelah akal di ciptakan maka allah memerintahkan akal untuk datang menghadapnya.

"Wahai akal,Siapa aku dan siapa engkau ?" tanya allah swt
"Engkau adalah tuhan yang menciptakan aku,dan aku adalah hambamu yang lemah!!" Jawab akal
"Wahai akal sesungguhnya engkau kuciptakan menjadi makhluk yang lebih mulia daripada yang lain." Seperti itu kata allah

Selang beberapa waktu allah menciptakan Nafsu,setelah selesai menciptakkannya maka allah memanggil Nafsu untuk menghadap.

"Wahai Nafsu,kemarilah menghadapku"suruh allah swt

Namun Nafsu tak bergeming dari tempatnya dan bahkan seakan akan tak mendengar seruan dari allah swt,sampai sampai allah mengulangi perkataanya sampai beberapa kali dan barulah nafsu menghadap kepada allah swt.

"Wahai Nafsu siapa aku dan siapa engkau?" tanya allah kepada nafsu
"Engkau ya engkau aku ya aku"Jawab nafsu dengan sombongnya.

Mendengar jawaban seperti itu tentu saja allah menjadi geram dan menghukungnya di neraka jahanam selama 100 tahun. Setelah seratus tahun nafsu kembali di panggil kehadapan allah swt

"Wahai Nafsu engkau telah aku hukum dan aku siksa di neraka jahanam selama 100 tahun,sekarang aku bertanya siapakah aku dan siapakah engkau?" tanya allah swt
"Engkau ya engkau aku ya aku"Jawab nafsu masih dengan kesombongannya.
 "Sepertinya engkau belum memahami pertanyaanku,dan engkau akan aku hukum 100 tahun lagi di neraka jahanam supaya engkau belajar memahami pertanyaanku!" kata allah swt

Seratus tahun telah berlalu dan allah kembali memanggil Nafsu kehadapannya.

"Wahai Nafsu engkau telah aku hukum selama 200 tahun masihkan engkau tetap bodoh dan tidak tahu siapa aku dan siapa engkau?" tanya Allah swt
"Engkau adalah tuhan yang menciptakan aku dan aku adalah makhluk ciptaanmu" jawab Nafsu
"Bagus engaku menjawab pertanyaanku dengan benar,Engkau baru bisa memahami pertanyaanku setelah aku memberikanmu siksaan selama 200tahun" Kata allah swt

Oleh karena itu jika kita ingin mengendalikan nafsu kita harus menyiksanya terlebih dahulu,dengan berpuasa kita dapat mengendalikan nafsu.
Back To Top