Nasiruddin Hoja dan Hakim - Cerita Sejarah Islami

Nasiruddin Hoja dan Hakim

Suatu hari Nasiruddin Hoja berjalan-jalan menyusuri kota untuk memenuhi hasrat dan hobinya. Suasana hatinya senyaman suasana setiap sudut kota yang ia lihat. Tapi setibanya di satu tempat, tiba-tiba dari arah belakang seseorang mendaratkan satu tamparan tepat di pipi kirinya. “Plak!!!” “Aduh,” teriak Nasiruddin kesakitan. Kontan ia marah mendapatkan perlakuan kasar yang begitu tiba-tiba. Apalagi dia tidak kenal dengan orang itu.

“Hei! Apa Salah saya sehingga harus menerima tempelengan sekeras ini?” kata Nasiruddin

“Aduh. Maafkan saya. Saya kira Anda teman akrab saya yang sudah lama tidak saya jumpai,” Jawab si penampar

“Akrab sih akrab. Tapi jangan seenaknya menampar orang begitu dong,”kata Nasiruddin

Meskipun sudah mengakui kesalahannya, Nasiruddin tidak mau menerima permohonan maaf pria asing itu begitu saja. Hatinya sudah terlanjur mangkel. Namun ia sadar tidak mungkin bisa membalaskan sakit hatinya dengan menampar pipi orang di hadapannya ini, bisa-bisa malah saya yang terkena sanksi dari aparat penegak hukum. Demi mendapatkan keadilan, ia memilih menempuh jalur hukum alias mengadukan lelaki itu kepengadila.

“Assalamu’alaikum,” ucap Nasiruddin sesampai di kantor pengadilan

“Saya ingin melaporkan sebuah persoalan.”  kata Nasiruddin menyampaikan maksudnya

Nasiruddin lalu menjelaskan akar perkara mulai dari A sampai Z sesuai fakta apa adanya. Tapi rupanya si hakim adalah sohib alias teman si penampar Nasiruddin Hoja. Akibatnya hakim itu berlaku tidak adil dalam memutuskan perkara. Si penampar di bebaskan dari segala tuntutan. Nasiruddin protes atas keputusan pengadilan yang menurutnya tidak adil. Tapi si hakim malah menyalahkan dirinya. Nasiruddin membentak pak hakim dan melancarkan protes keras atas ketidakadilan tersebut. Hakim pun akhirnya membatalkan keputusan pertamanya dengan keputusan yang baru.

Hakim berkata kepada si penampar, “Baiklah kalau begitu. Sekarang aku tetapkan agar kamu memberi ganti rugi sepuluh dirham tunai kepada Nasiruddin. Pergi dan ambilah uang sepuluh dirham dan berikan uang itu kepadanya,” Kata pak hakim

Si penampar pergi meninggalkan pengadilan sementara Nasiruddin menunggu si lelaki selama berjam-jam untuk mendapatkan ganti rugi. Tapi yang ditunggu tak menampakkan batang hidungnya. Akhirnya sadarlah Nasiruddin bahwa dia telah ditipu oleh lelaki tadi dengan bantuan rekayasa pak hakim yang membiarkannya dia pergi begitu saja.

Ketika melihat hakim tenang-tenang saja bahkan pura-pura sibuk dengan pekerjaan lainnya, hati Nasiruddin dongkol, panas, mangkel, dan kesal tidak karuan.

Tiba-tiba, “Plak!!!” Nasiruddin menampar pipi si hakim dan berkata, “Maaf Pak hakim, aku sibuk sekali hari ini dan tidak punya waktu untuk menunggu lebih lama lagi. Tolong nanti terima ganti ruginya untuk Anda. Aku lagi tergesa-gesa nih.”

Nasiruddin pun melangkah pergi meninggalkan si hakim yang masih shock mendapatkan tamparan tak terduga tadi. Sementara pak hakim tak bisa berkata apa-apa. Dia hanya menggosok-gosok pipinya yang terasa perih akibat ulah si Nasiruddin.



Sumber : Majalah HIDAYAH 
Back To Top