Tiga orang yang di cintai oleh Allah - Cerita Sejarah Islami

Tiga orang yang di cintai oleh Allah

orang yang di cintai oleh Allah

Diriwayatkan dari Abu Dzar ra. Nabi Muhammad saw  bersabda : Tiga orang yang di cintai oleh Allah yang maha mulia dan maha besar yaitu : (1) Seseorang yang mendatangi suatu kaum, ia minta kepada mereka dengan nama allah, tidak dengan nama kerabat antara dia dan mereka, namun mereka menolaknya . Lalu ada seseorang yang mengiringinya dan memberikannya secara rahasia yang hanya di ketahui oleh Allah yang maha mulia lagi maha besar dan orang yang di berinya. (2) dan suatu kaum yang berjalan di malam hari sehingga ketika ia lebih senang tidur dari pada apa yang sedang mereka jalankan mereka singgah dan meletakan kepala mereka. lalu di antara mereka ada seseorang yang bangun untuk merendahkan diri kepadaku dan membaca ayat ayatku. (3) dan seseorang yang berada dalam pasukan, mereka bertemu musuh lalu mereka berbalik ke belakang namun ia maju lagi sehingga ia terbunuh dan mendapatkan kemenangan." Hadits di takhrij oleh An Nasa`i


Penjabaran :
Ada tiga golongan orang yang di cintai oleh Allah yang maha mulia dan maha besar :

Pertama : Ketika ada seseorang yang meminta bantuan kepada suatu kaum karena allah namun tidak ada yang bersedia membantunya. Lalu datanglah seseorang yang bersedia membantunya secara rahasia dan tidak ada orang lain yang tau kecuali dia, orang yang meminta bantuan dan tentu saja Allah yang maha mengetahui.

Kedua : Ketika seseorang dalam rombongan musafir atau dalam bepergian  berhenti untuk beristirahat, kemudia mereka tidur. lalu seseorang bangun dan mengerjakan sholat dan membaca ayat ayat allah.

Ketiga : Seseorang yang berada dalam pasukan jihad, ketika ia bertemu dengan musuh ia merasa takut dan hendak mundur namun tekad kuat untuk berperang di  jalan allah membuatnya kembali maju dan ia terbunuh sebagai syuhada.
Tag : Kajian
Back To Top